Masuk Kandidat Ibu Kota Baru, 4 Lokasi Ini Disiapkan Bupati Penajam Paser Utara

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara resmi mengumumkan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur sebagai salah satu lokasi ibu kota negara.

Dengan terpilihnya PPU sebagai ibu kota negara, Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’id telah mempersiapkan empat kecamatan untuk ibu kota baru, yaitu Kecamatan Penajam, Kecamatan Waru, Kecamatan Babulu dan Kecamatan Sepaku.

Namun Gafur mengakui belum bisa menyebutkan secara spesifik lokasi secara rinci. “Kalau kita sebutkan nanti ada makelar tanah,” katanya.

Gafur juga menjelaskan, PPU telah memiliki bandara dan pelabuhan bertaraf internasional. Wilayah PPU juga dianggap tidak berada di wilayah berpotensi gempa dan bencana erupsi atau sering disebut wilayah cincin api.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memilih Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara sebagai lokasi ibu kota baru Republik Indonesia. Dua wilayah tersebut berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Jokowi memilih wilayah tersebut lantaran memiliki risiko bencana yang minimal dan strategis. Nantinya, pembangunan ibu kota tersebut akan memakan biaya sebesar Rp 466 triliun.

“Dari total tersebut, 19 persen akan menggunakan APBN,” kata Jokowi di Jakarta, Senin 26 Agustus 2019.

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini