Masker Kembali Diwajibkan, Pengusaha Masker N95 di AS Catat Rekor Penjualan

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merevisi panduan bagi warga AS mengenai pemakaian masker untuk melindungi dari virus corona. CDC juga merekomendasikan untuk memakai masker paling protektif.

CDC, sebuah lembaga yang dikritik telah menawarkan panduan yang berubah dan membingungkan di tengah pandemi, mengklarifikasi di situs webnya bahwa orang dapat memilih respirator seperti N95 dan KN95, termasuk menghilangkan kekhawatiran terkait kekurangan pasokan N95.

“Warga Amerika Serikat harus masker paling protektif yang Anda bisa, yang pas, dan akan Anda kenakan secara konsisten,” demikian pernyataan CDC, melansir Reuters, Sabtu, 15 Januari 2022.

AS menjadi negara nomor satu di dunia dengan angka kematian Covid-19 tertinggi, yakni sekitar 850 ribu. Bahkan ketika AS memerangi lonjakan kasus yang melibatkan varian Omicron yang menyebar dengan cepat.

Presiden Joe Biden mengatakan bahwa pemerintah federal berencana untuk membuat masker berkualitas tinggi tersedia untuk warga AS secara gratis. Dalam langkah lain, Gedung Putih menyatakan, pemerintah akan mulai mengirimkan 500 juta tes Covid-19 pada akhir bulan secara gratis.

Dalam pernyataannya, CDC mendorong warga AS untuk memakai masker daripada mendorong mereka untuk memakai pelindung wajah tingkat tinggi, tetapi juga secara eksplisit mengatakan bahwa respirator memberikan tingkat perlindungan terbaik.

“Masker adalah alat kesehatan masyarakat yang penting untuk mencegah penyebaran Covid-19, dan penting untuk diingat bahwa masker apa pun lebih baik daripada tidak menggunakan masker,” tambah CDC.

AS melaporkan sekitar 1.800 kematian akibat Covid-19 dan sekitar 780.000 infeksi baru setiap hari. Angka ini menjadi yang tertinggi di dunia dan rekor tingkat pasien yang dirawat di rumah sakit.

Lonjakan terkait Omicron tampaknya melambat di daerah yang terkena pertama kali, termasuk negara bagian di Timur Laut dan Selatan, menurut analisis Reuters. Di negara bagian Barat, jumlah kasus baru naik 89 persen dalam sepekan terakhir dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

CDC Mei lalu mengumumkan bahwa orang yang divaksinasi penuh tidak perlu lagi memakai masker, karena kasus Covid-19 saat itu menurun. Tetapi pada Juli, CDC kembali menetapkan pemaikaian masker di tempat umum dalam ruangan di daerah di mana Covid-19 menyebar dengan cepat.

Beberapa pembuat masker N95 di AS mengatakan bahwa mereka memiliki rekor penjualan N95 setelah Anthony Fauci, kepala penasihat medis Biden, merekomendasikan masker tersebut.

Masker N95 yang dikenakan dengan benar akan menyaring setidaknya 95 persen partikel di udara, mencegah apa pun yang lebih besar dari 0,3 mikron untuk melewatinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Indonesia Tawarkan Upaya Konkret Penanganan Air Dalam WWF ke -10

Rangkaian pertemuan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Nusa Dua, Bali menghasilkan diskusi yang konstruktif dalam rangka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini