Masih Ada 108 Ribu Orang yang Belum Divaksin, BIN Percepat Vaksinasi di Gunungkidul

Baca Juga

MATA INDONESIA, GUNUNGKIDUL – Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah Istimewa Yogyakarta atau Binda DIY terus menggencarkan vaksinasi di wilayah-wilayah yang belum tersentuh vaksinasi. Salah satunya di wilayah Gunungkidul.

Menurut data capaian vaksinasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, vaksinasi dosis 1 sebanyak 81,86 persen. Artinya masih terdapat sekitar 18,14 persen atau 108 ribu warga sasaran yang belum tervaksin.

Menurut Perwakilan Binda DIY Eko Susilo, merujuk hasil penelusuran BIN di Kapanewon Patuk masih sekitar 67 persen dan menjadi wilayah terendah kedua untuk vaksinasi, setelah Gedangsari 66 persen. Untuk itu, hari ini Binda DIY menggelar vaksinasi massal di kawasan Heha Sky View Kapanewon Patuk.

“Kapanewon Patuk Gunungkidul, menjadi sasaran BIN bekerjasama Dinkes dalam penyisiran wilayah rendah vaksinasi setelah Wonosari yang menjadi episentrum mobilitas warga Gunungkidul,” katanya, Rabu 24 November 2021.

Penewu Patuk Imam Santoso menyatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan BIN dan Dinkes melakukan kegiatan percepatan vaksinasi bagi masyarakat.

“Sebelumnya kami sudah rapat dengan seluruh Lurah, Gugus Tugas, Polsek, Koramil, dan seluruh Kader Kesehatan,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinkes Gunungkidul dr Dewi Irawati menuturkanbahwa sekitar 20 persen warga yang belum divaksinasi ini di antaranya lansia serta ada yang mengalami kendala teknis di lapangan.

“Upaya untuk vaksinasi terus dilakukan dinkes bersama puskesmas termasuk BIN. Melakukan penyisiran wilayah mana saja yang belum tersasar vaksinasi. Harapannya melalui kerjasama dan koordinasi dengan berbagai pihak, capaian vaksinasi di Gunungkidul akan semakin meningkat,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini