Mantul, TNI, Polri dan BIN Sukses Bikin Masyarakat Indonesia Bahagia di Malam Tahun Baru

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tahun ini tiga pilar TNI, Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN) telah berhasil menjalankan perintah Presiden Jokowi untuk menangkal setiap potensi gangguan keamanan lima hari menjelang awal tahun 2020. Masyarakat terlihat bahagia melaluinya.

Beberapa pengalaman sebelumnya sejak Natal hingga akhir tahun sering kali diwarnai dengan tindak kekerasan seperti pengeboman gereja maupun jenis teror lainnya, tidak dijumpai masyarakat sepanjang Selasa 31 Desember 2019.

“Kita ingin menghadirkan rasa aman di tengah masyarakat,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas “persiapan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020” pada 13 Desember 2019.

Hal tersebut terwujud dengan baik tahun ini. Misalnya keamanan di Papua yang hampir setiap akhir tahun selalu diwarnai gangguan keamanan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Tahun ini relatif kondusif. Hanya ada beberapa kontak tembak yang tidak meluas meski harus memakan korban gugurnya anggota TNI kita.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, yang turun langsung memantau keamanan menjelang Tahun Baru 2020, Senin 30 Desember 2019, mendapati Operasi Lilin Matoa telah memberi rasa aman dan bahagia kepada masyarakat.

Aktivitas masyarakat terutama di Jayapura berlangsung biasa karena pusat-pusat perbelanjaan tetap dipenuhi masyarakat begitu juga tempat wisata di sana.

Sementara Badan Intelijen Negara (BIN)  berhasil memetakan titik-titik rawan menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2020.

Bersama rekan sejawatnya TNI dan Polri, pemetaan tersebut telah memastikan terjaganya keamanan menjelang akhir tahun hingga awal tahun 2020.

Direktur Komunikasi dan Informasi BIN Wawan Purwanto di Graha Oikumene, Jl Salemba, Jakarta Pusat, Jumat 20 Desember 2019 juga telah memperkuat pengamanan di wilayah zona merah bersama kedua rekan sejawatnya itu.

Seluruh aparat keamanan melakukan patroli siber 24 jam untuk menetralkan terjadinya ketegangan.

Di Ibu Kota Jakarta, suasana yang bersahabat juga terjadi. Di tengah peringatan sejumlah pemerintah daerah yang bernada SARA, suasana Jakarta hingga 31 Desember 2019 malam seperti pantauan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melalui CCTV di Gedung Promoter Polda Metro Jaya melihat kegiatan masyarakat berjalan normal.

Melalui banyak layar CCTV, Panglima TNI melihat wajah-wajah bahagia warga Jakarta tertangkap kamera pemantau menyambut Tahun Baru 2020.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini