Mantul, Kapal Selam Buatan Indonesia Beroperasi

Baca Juga

MINEWS.ID, SURABAYA – Hari ini 11 April 2019 TNI membuat sejarah dengan meluncurkan kapal selam buatan PT PAL Indonesia di Tanjung Perak, Surabaya.

Kapal selama bernama KRI Alugoro itu merupakan hasil alih teknologi dari Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co Ltd (DSME) Korea Selatan kepada PT PAL Indonesia.

“Kapal selam itu merupakan pesanan ketiga TNI Angkatan Laut, dan hasil kerja sama antar dua perusahaan tersebut,” ujar Kepala Dispenal Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal dalam keterangan tertulisnya, Kamis 11 April 2019.

Kapal selam pertama diberinama KRI Nagapasa-403 dirakit dan dibuat di Korea Selatan telah memperkuat armada TNI AL sejak 2 Agustus 2017. Sedangkan kapal selam kedua bernama KRI Ardadedali 404 juga telah diresmikan di Galangan Daewoo, Korea.

Sebelumnya, nama Alugoro pernah digunakan sebagai nama kapal selam yang didatangkan dari Uni Soviet yaitu KRI Alugoro–406 yang merupakan bagian dari paket pengiriman 12 kapal selam Whiskey Class.

Spesifikasi umum Kapal Selam Alugoro adalah berjenis Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class), dan memiliki panjang keseluruhan 61,3 meter dengan kecepatan mencapai 21 knot ketika berada di bawah air.

Kapal tersebut mampu membawa 40 kru dengan kemampuan jelajah hingga 50 hari dan di desain dengan “life time” atau usia mencapai 30 tahun, dengan bobot sebesar 1.460 ton saat muncul di permukaan, dan bonot 1.596 ton ketika menyelam di bawah permukaan.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini