Mantap! Jokowi akan Bangun Tol Penghubung Kaltim-Kalsel

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo membuka wacana pembangunan jalan tol yang nantinya akan menghubungkan Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan ibu kota baru negara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Jokowi, tol itu penting untuk mendorong wilayah Kalsel menjadi pintu gerbang ibu kota baru.

“Saya sudah tanya ke Gubernur Kalsel berapa jam dari sini ke Kaltim jika dibangun jalan tol, kata gubernur 3 hingga 4 jam saja,” kata Jokowi dalam pidatonya di Hari Pers Nasional (HPN) 2020, di Banjarbaru, Kalsel, Sabtu 8 Februari.

Jokowi mengaku baru mengetahui jika posisi antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu ataupun Kotabaru di Kalsel sangat mepet.

Untuk memuluskan rencana itu, Jokowi sudah memastikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sudah menyiapkan lahan 300 ribu hektare yang dibutuhkan bila pembangunan benar-benar terlaksana.

Saat menyinggung ibu kota negara, Presiden pun menayangkan video desain yang berkonsep ramah lingkungan. Ibu kota baru itu diklaim Jokowi dekat dengan alam serta modern sejalan dengan kemajuan teknologi abad 21 yang diberi nama Nagara Rimba Nusa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini