Mantap, Belum Setahun Rilis, PS5 Sudah Terjual 10 Juta Unit!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejak diluncurkan pada November 2020, PlayStation 5 (PS5) sudah terjual sebanyak 10 juta unit di seluruh dunia! Jumlah tersebut menjadi penjualan tercepat daripada konsol game lain yang pernah dibuat oleh Sony Interactive Entertainment (SIE).

PS5 mencapai tonggak sejarah pada 18 Juli atau 249 hari setelah peluncurannya. Sebagai perbandingan, Sony mengumumkan pada 12 Agustus 2014 bahwa 10 juta konsol PlayStation 4 telah terjual selama 271 hari resmi diluncurkan.

Sementara PS3, pihak Sony tampaknya kurang bergairah. Berbeda dengan PS2 yang merupakan konsol terlaris di sepanjang masa karena berhasil menjual 10 juta unit pada 23 Maret 2001 atau lebih dari setahun setelah peluncuran game tersebut.

Sukses mencapai tonggak sejarah, pihak Sony mengakui bahwa mereka menghadapi kendala permintaan dan pasokan yang lebih besar daripada versi sebelumnya.

“Mendorong melalui tantangan pasokan dan pandemi global, kami bangga telah menghadirkan pengalaman gaming transformasional yang memikat para gamer di seluruh dunia,” kata Kepala Operasi Bisnis SIE Global, Veronica Rogers, melansir Polygon.

Selain tampilan fisik dan grafis yang futuristik, Sony juga mengkonfirmasi bahwa PS5 berisi chip AMD yang memiliki CPU berdasarkan generasi ketiga Ryzen. Ini bermakna PS5 akan memiliki delapan inti dari microchip tujuh-nanometer Zen 2. Konsol ini juga akan mendukung gameplay 8K, hanya saja ini juga akan tergantung pada TV yang digunakan oleh para gamer.

Sementara grafis yang digunakan adalah versi kustom dari Nade Radeon. Chip grafis ini akan mendukung ray-tracing, trend yang mulai menjadi populer dalam dunia film dan video game. Meskipun secara tradisional dianggap sebagai teknik pencahayaan, Cerny mengatakan teknik ini juga dapat meningkatkan audio game lebih jernih. Bahkan PS5 juga sepenuhnya akan mendukung audio 3Dimensi.

Sony juga melakukan upgrade pada SSD menjadi lebih besar yang tentunya akan memuat lebih banyak game dan menampilkan objek gambar di layar dalam satu waktu sekaligus dibandingkan konsol yang rata- tara masih berbasis HDD. Karakter dan kamera akan bergerak lebih nyata dan cepat karena adanya SSD sehingga Anda tidak lagi menghadapi lagging selama bermain.

PS5 juga menawarkan dua opsi, yaitu versi dengan drive disk dan versi only digital. Terlepas dari perbedaan bentuk dan tipe, semua konsol PS5 berbentuk sama persis dalam hal kekuatan permainan dan fitur lainnya. Disk PS5 sendiri memiliki kapasitas yang cukup besar yakni 100 GB dengan konsol yang telah mendukung 4K Blu-Rays.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini