Makin Mengkhawatirkan, Iring-iringan Tentara Rusia Merangsek ke Kiev

Baca Juga

MATA INDONESIA, KIEV – Gambar satelit menunjukkan iring-iringan tentara Rusia sepanjang 3,25 mil menuju Kota Kiev, Ukraina pada Minggu (27/2). Pengerahan tentara dalam jumlah besar ini terjadi ketika upaya serangan ke kota timur Kharkiv gagal.

Pasukan Rusia secara perlahan menekan kota, tetapi dipukul mundur di Bucha dan Irpin, di pinggiran barat laut, setelah apa yang tampaknya merupakan serangan yang tidak terkoordinasi dengan baik oleh pasukan tidak teratur.

Serangkaian video muncul di media sosial yang menunjukkan akibat pertempuran, dengan gambar beberapa kendaraan lapis baja yang hancur dan beberapa tentara yang tewas. Laporan beredar bahwa tentara Chechnya termasuk di antara mereka yang tewas.

Telah terjadi beberapa hari pertempuran sengit di daerah itu sejak Rusia melancarkan serangan dan pendaratan pasukan lewat udara di bandara militer Hostomel. Setidaknya, tiga jembatan di daerah itu dilaporkan telah diledakkan oleh pasukan Ukraina untuk memperlambat pergerakan tentara Rusia.

Ukraina tetap menguasai Chernihiv, sebuah wilayah yang berada di timur laut Kiev, tetapi pasukan mekanis Rusia melewati kota itu saat mereka menuju selatan, menurut intelijen pertahanan Inggris, yang telah memantau konflik dengan cermat.

Melansir The Guardian, Senin, 28 Februari 2022, gambar satelit menunjukkan pengerahan pasukan sepanjang 3,25 mil dalam konvoi timur laut Ivankiv, bergerak ke arah Kiev sekitar 40 mil ke selatan. Konvoi tersebut berisi bahan bakar, logistik, dan kendaraan lapis baja.

Ada juga tanda-tanda perubahan taktik. Di mana Rusia lebih aktif menargetkan infrastruktur tetap dengan serangan rudal. Sebuah terminal minyak dibakar di Vasylkiv, hampir 40 km barat daya Kiev. Ledakan itu menyebabkan api besar dan asap hitam mengepul ke langit malam.

Rudal balistik Iskander Rusia ditembakkan dari Belarus sekitar pukul 05.00 sore waktu setempat, kata Kementerian Dalam Negeri Ukraina.

Sebelumnya, Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, mengkonfirmasi bahwa akan ada lebih banyak rudal ditembakkan dari negaranya, saat ia mengisyaratkan bahwa pasukan Belarusia akan bergabung dalam perang di pihak Rusia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini