Mahfud MD Dorong Panglima TNI untuk Selesaikan Masalah Papua Tanpa Kekerasan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mendukung upaya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam menyelesaikan permasalahan di Papua.

“Intinya itu pendekatan Papua itu pembangunan kesejahteraan yang komprehensif dan sinergis. Artinya pendekatannya di Papua itu bukan senjata, tapi kesejahteraan,” katanya, Kamis 25 November 2021.

Ia mengatakan pada prinsipnya pendekatannya sudah dituangkan dalam Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2020, yang dilanjutkan dengan Keputusan Presiden nomor 20 tahun 2020.

Komprehensif dalam hal ini meliputi semua hal. Sedangkan sinergis mencangkup semua lembaga terkait secara bersama-sama dan tak berjalan sendiri-sendiri.

“Sehingga istilah Bapak Presiden itu muncul satu produk yang menyatu, tidak Dikbud di sana, Perhubungan di sana, Telkom di sana. Tidak kelihatan hasil pembangunannya itu. Jadi komprehensif, sinergis, terpadu,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan pendekatan teknisnya nanti adalah operasi teritorial, bukan operasi tempur. Mahfud mengatakan hal ini sudah dibahas dan dijelaskan oleh Andika dalam pertemuan hari ini.

“Panglima sudah punya gagasan-gagasan tentang pendekatan baru itu dan nanti akan disampaikan pada saatnya,” katanya.

Andika Perkasa sendiri masih enggan mengungkap secara lengkap gagasan yang ia punya terkait Papua. Ia berjanji akan menjelaskan secara lebih jelas saat ia berkunjung ke Papua nanti.

“Saya menggunakan dasar hukum yang memang sudah dikeluarkan pemerintah. Dan itu nanti secara detail akan saya jelaskan pada saat saya di Papua minggu depan,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini