Lewat Telepon, Presiden Cina Yakinkan Jokowi Akan Berupaya Sekuat Tenaga Majukan Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Cina Xi Jinping melakukan pembicaraan telepon dengan Presiden Jokowi untuk memastikankan dukungannya agar Indonesia menjadi pusat produksi vaksin regional serta mengeluarkan segenap kekuatan membantu Indonesia memajukan pembangunannya.

Hal tersebut diungkapkan Kementerian Luar Negeri Cina melalui pernyataan resmi yang dikutip, Jumat 14 Januari 2022.

“Cina akan berpartisipasi aktif dengan segenap kekuatannya dalam segala hal yang kondusif untuk memajukan pembangunan Indonesia dan memperdalam kerja sama Cina-Indonesia,” demikian pernyataan resmi itu.

Maka, baik Cina maupun Indonesia harus mengejar semua perkembangan secara bersama-sama, sehingga banyak proyek yang sudah berlangsung di Indonesia akan dilakukan dengan kualitas tinggi seperti Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung.

Kedua kepala negara sepakat membuat area pertumbuhan baru seperti energi baru terbarukan, pembangunan rendah karbon, ekonomi digital dan kerja sama maritim.

Jinping menegaskan Cina sangat mementingkan peran Indonesia dalam urusan regional dan internasional.

Cina menurut Xi Jinping pada percakapan telepon itu menegaskan siap bekerja sama dengan Indonesia untuk mengimplementasikan konsensus yang dicapai pada KTT ASEAN-China, mempromosikan pemulihan ekonomi regional dan menjaga perdamaian dan stabilitas regional.

Mencatat bahwa China dan Indonesia masing-masing memegang ketua BRICS dan G20 tahun ini, ia mengatakan bahwa China siap bekerja dengan Indonesia untuk mempraktikkan multilateralisme sejati.

Selain itu, secara aktif mengimplementasikan Inisiatif Pembangunan Global, menjaga kepentingan pasar negara berkembang dan negara berkembang, dan berkontribusi dalam mendorong pemulihan ekonomi global dan meningkatkan tata kelola ekonomi global.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini