Kurangi Subsidi, Konsumsi Pertalite dan Solar Alami Penurunan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, Pertalite dan Solar mengalami penurunan akhir september ini setelah subsidinya dikurangi.

Hal itu diungkapkan Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kemenkeu, Made Arya Wijaya di Jakarta, Selasa 20 September 2022.

“Itu ternyata setelah penyesuaian harga di 3 September sampai sekrang konsumsinya turun. Katakanlah konsumsi rata-rata satu harinya 70-80 ribu per liter, sekarang turun ke 60-70 ribu per liter,” kata Made Arya.

Dengan penurunan konsumsi tersebut, Made Arya, memproyeksikan alokasi anggaran subsidi BBM tahun ini tidak tembus di angka Rp 650 triliun.

Adapun anggaran subsidi energi dan kompensasi akibat kenaikan harga minyak dunia telah melebar hingga Rp 502 triliun dari asumsi awal di 2022 di Rp 152 triliun.

Pemerintah bahkan pernah memperkirakan, anggaran subsidi akan kembali membengkak hingga Rp 698 triliun jika pemerintah tidak menaikkan harga BBM.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini