KUR Dorong Sektor Pertanian Hadapi Badai Pandemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kredit usaha rakyat (KUR) yang digulirkan pemerintah bagi para petani, mendorong sektor pertanian menghadapi badai pandemi covid-19. Pemerintah menganggarkan Rp 70 triliun khusus untuk sektor pertanian.

“Dalam hal pembiayaan, pemerintah akan terus mempercepat penyaluran KUR. KUR pertanian plafon 2021 Rp 70 triliun dari total KUR yg ada Rp 253 triliun,” ujar Presiden Joko Widodo saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2021, Rabu 25 Agustus 2021.

Dirinya mengatakan, skema penyaluran KUR juga terus disempurnakan sesuai karakteristik usaha yang ada di bidang pertanian. Selain itu, persyaratan mendapatkan KUR akan semakin dipermudah.

“KUR juga harus bisa dimanfaatkan untuk peningkatan nilai tambah pasca panen, seperti dalam pengadaan Rice Milk Unit (RMU), sehingga semakin dirasakan petani,” katanya.

Selain itu, dirinya meminta kepada para menteri kepala daerah dan kepala lembaga bisa memperkuat pendampingan kepada petani. Caranya, dengan memanfaatkan teknologi termasuk platform digital.

“Teknologi digital dapat mendorong produktifitas petani dan memotong panjangnya rantai pemasaran UMKM pangan,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mengulik Strategi Gerindra di Pilkada Sleman, Gabung Koalisi dulu sambil Jalan Pilih Kandidat Potensial

Mata Indonesia, Sleman- Peta politik untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sleman terus berkembang dinamis menjelang Pilkada Sleman 2024. Sejumlah partai politik aktif membentuk koalisi strategis, salah satunya adalah DPC Gerindra Sleman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini