Kuatkan Solidaritas, Putin Membela Cina dalam Perang Dagang

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL – Presiden Rusia Vladimir Putin dengan tegas membela Cina dalam perang dagang melawan AS yang selama ini berkecamuk. Putin bahkan menyebut AS seharusnya tak melakukan agresi terhadap perusahaan Cina, karena akan bisa berdampak pada perang senjata yang nyata.

Selain itu, Putin juga menyatakan dukungan dan solidaritasnya bersama Cina dengan menyebut AS sebagai negara yang egois dalam urusan ekonomi. Terutama setelah Trump menjatuhkan sanksi berat terhadap perusahaan teknologi raksasa Cina, yakni Huawei.

Pernyataan itu disampaikan Putin di tengah-tengah pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping di St Petersburg, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Sabtu 8 Juni 2019.

Ia bercerita, keegoisan AS juga tampak saat negara tersebut menggagalkan proyek pipa gas Rusia ke Eropa, serta seruan Washington kepada negara-negara untuk melarang Huawei, produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, memasok infrastruktur jaringan.

“Negara-negara yang sebelumnya mempromosikan perdagangan bebas dengan persaingan jujur dan terbuka telah memulai perang dagang dan sanksi, menggunakan taktik memutarbalikkan dan menakut-nakuti, untuk menghilangkan pesaing,” kata Putin dalam pidatonya.

Menurut Putin, dunia berisiko tergelincir ke era ketika aturan internasional berisiko ditukar oleh mekanisme pemerintahan dan hukum yang merupakan cara AS berperilaku saat ini.

Ia menambahkan, kebijakan AS justru akan berujung pada konflik yang tak berkesudahan, bahkan lebih buruk dari itu, bisa meyebabkan perang besar yang merugikan.

Putin juga mengeluhkan posisi dolar AS dan menyebutnya sebagai alat tekanan dalam sistem keuangan global sehingga harus dipertimbangkan kembali.

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini