Korea Selatan Luncurkan Layanan 5G, Indonesia Kapan Ya?

Baca Juga

MINEWS, INTERNASIONAL –

Korea Selatan (Korsel) secara resmi akhirnya meluncurkan layanan 5G pertama di dunia. Layanan jaringan ini disebut-sebut memiliki gelombang baru yang akan semakin memanjakan para pengguna smartphone.

Samsung adalah yang pertama meluncurkan smartphone Galaxy S10 dengan jaringan 5G, pada Jumat 5 April 2019 lalu. Perusahaan asal Korsel ini mengklaim jaringan 5G menawarkan kecepatan sampai 20 kali lipat dibanding ponsel biasa.

Mengutip BBC, Sabtu 6 April 2019, saat ini beberapa negara tengah mengembangkan jaringan tersebut yang dinilai penting untuk perkembangan teknologi di masa depan.

Seperti diketahui, 5G merupakan jaringan koneksi internet seluler generasi kelima. Para pengguna dapat mengakses data lebih cepat, dengan jangkauan lebih luas serta koneksi lebih stabil.

Kepala Analisis Televisi dan Hiburan dari Lembaga Ovum Ed Barton mengatakan, perubahan saat ini dari jaringan 4G ke 5G akan signifikan.

Ed Barton menjelaskan, jaringan generasi pertama atau 1G mempunyai kemampuan dalam suara. Sedangkan 2G memiliki kelebihan mengirim teks.

Selanjutnya, 3G untuk gambar atau foto statis. Sedangkan 4G mempunyai kemampuan mengaktifkan video.

“Kami 5G menjadi jauh lebih besar dari sebelumnya,” kata Barton.

Sebanyak tiga operator seluler Korsel meluncurkan layanan 5G pekan ini. Perusahaan telekomunikasi AS Verizon juga turut meluncurkan layanan 5G di beberapa kota pada pekan ini.

Lalu, Indonesia kapan?


Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini