Komnas Perempuan Sesalkan Kejadian yang Dialami Novia Selama 2 Tahun

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kasus yang menimpa Novia Widyasari Rahayu selama dua tahun cukup mengerikan.

Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi mengungkapkan sikap arogan pacarnya Novia, Bripda Randy Bagus Hari Sasongko membuat Novia depresi hingga memutuskan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

”NWR adalah korban kekerasan yang bertumpuk dan berulang-ulang dalam durasi hampir dua tahun sejak 2019,” ujar Aminah, Senin 6 Desember 2021.

Hal tersebut diketahui berdasarkan komunikasi antara Komnas Perempuan dengan korban yang sempat melakukan pengaduan.

Menurut Aminah, Novia terjebak dalam siklus kekerasan di dalam hubungan pacaran. Pacarnya yang merupakan anggota Polisi diduga melakukan tindak eksploitasi seksual dan pemaksaan aborsi.

Pelaku memaksa korban untuk menggugurkan kehamilan dengan berbagai cara seperti minum pil KB, obat-obatan, jamu, hingga pemaksaan hubungan seksual karena beranggapan perilaku tersebut bisa menggugurkan janin. ”Peristiwa pemaksaan aborsi bahkan terjadi hingga dua kali,” ujar Aminah.

Berdasarkan keterangan korban kepada Komnas Perempuan, aborsi kedua membuat Novia Widyasari mengalami pendarahan dan kekurangan trombosit.

Informasi lain yang disampaikan komisioner Komnas Perempuan itu, yaitu pihak keluarga pelaku disebut menghalangi pernikahan korban dengan Bripka Randy dengan alasan masih ada kakak perempuan pelaku yang belum bersanding di pelaminan.

”Keluarga pelaku juga diduga sempat menuduh korban menjebak pelaku agar dinikahi,” ujar Aminah.

Tidak hanya itu, Aminah juga mengatakan pelaku berhubungan dengan perempuan lain tetapi bersikeras untuk tetap menjalin hubungan dengan korban.

”Selain berdampak pada kesehatan fisik, korban juga alami gangguan kejiwaan yang hebat,” kata Aminah.

Sebab, Novia merasa tidak berdaya, dicampakkan, disia-siakan, berkeinginan untuk menyakiti diri sendiri, dan didagnosa obsessive compulsive disorder (OCD) serta gangguan psikomotorik lainnya.

Hal ini membuat Novia Widyasari Rahayu bunuh diri di dekat makam ayahnya di Mojokerto, Jawa Timur.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini