Kirim Tim ke Papua, Kemendagri Bahas Beasiswa untuk Mahasiwa di Luar Negeri

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Tak usah khawatir bagi para mahasiswa Papua yang ada di luar negeri. Kementerian Dalam Negeri mengirim tim ke Papua untuk memastikan penganggaran dan kelanjutan beasiswa mahasiswa Papua di beberapa negara di luar negeri, seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, dan beberapa negara lainnya.

Tim tersebut terdiri dari Pelaksana Harian Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Agus Fatoni, Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuda, dan tim teknis berada di Jayapura untuk melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

“Kami ke Papua sesuai perintah dari Menteri Dalam Negeri untuk memastikan penganggaran beasiswa bagi mahasiswa yang tugas belajar di luar negeri,” ujar Fatoni,  Rabu 2 Februari 2022.

Koordinasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota menjadi kunci keberhasilan program beasiswa luar negeri ini. Terlebih, peningkatan kapasitas sumber daya manusia merupakan salah satu program prioritas utama Presiden Joko Widodo pada periode kedua masa kepemimpinannya.

Berdasarkan informasi pembayaran beasiswa luar negeri untuk tahun 2021 akan selesai sesuai dengan invoice dari masing-masing universitas. Sementara buat kebutuhan beasiswa pada 2022 skema pembiayaannya sudah siap.

”Rencana Gubernur Papua dan bupati/wali kota akan melakukan rapat koordinasi pada 15 sampai 18 Februari 2022 membahas beasiswa ini,” kata Fatoni.

Permasalahan beasiswa mahasiswa Papua sebelumnya juga telah menjadi pembahasan kementerian/lembaga. Fatoni menjelaskan, pembahasan penyelesaian persoalan ini antara Kemendagri bersama Duta Besar Indonesia untuk Amerika, Atase Pendidikan di Kedubes Amerika, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), dan Pemprov Papua.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua menyampaikan, keterlambatan pembayaran beasiswa tahun 2021 salah satunya karena belum ada penyerahan tagihan atau invoice untuk semester musim gugur dari pihak kampus kepada Pemprov Papua.

Pemprov Papua sebenarnya telah menganggarkan seluruh beasiswa untuk tahun 2021. Bahkan, kebutuhan beasiswa untuk tahun 2022 juga telah ada anggarannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini