Kesepakatan Para Kepala Daerah Papua Tengah, Ibu Kotanya Nabire

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAYAPURA – Pemerintah sedang mengodok pemekaran di tanah Papua. Salah satunya adalah membentuk provinsi baru di Papua, yaitu Papua Tengah dan Papua Selatan.

Untuk pemekaran Papua Tengah, para bupati di wilayah adat Meepago sepakat memilih ibu kotanya adalah Nabire. Hal ini berdasarkan UU 45 tahun 1999. Dimana Kabupaten Nabire merupakan kota induk dari Kabupaten Paniai dan Nabire.

Bupati Paniai, Meki Fritz Nawipa menyampaikan, pemekaran Papua Tengah sudah lama sesuai dengan UU 45 1999 tentang pemekaran Papua, Papua Tengah dan Papua Barat. Papua ibu kotanya Kota Jayapura, Papua Tengah ibukotanya Nabire dan Papua Barat ibu kotanya Manokwari.

”Kabupaten Nabire, Deiyai, Dogiyai, Paniai, Intan Jaya dan Puncak Jaya kita berharap masuk di Papua Tengah dan ibu kotanya di Nabire,” ujar Bupati Meki Nawipa Paniai, Selasa 15 Februari 2022.

Terkait dengan pemekaran Papua Tengah, sejauh ini sudah ada kajian dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogjakarta dan sekarang tinggal proses di DPR RI.

“Timika merupakan kota industri sehingga tidak bisa menjadi ibu kota. Jika  Timika mau bergabung dengan kita, maka harus sepakat ibu kotanya di Nabire. Namun jika Timika mau sendiri, silakan gabung dengan yang lain. Ini menjadi komitmen kita dari bupati-bupati yang ada di Meepago, Nabire dan sekitarnya,” ujarnya.

Dalam waktu dekat Bupati Nabire akan menaikkan papan nama kantor Gubernur Papua Tengah di Kabupaten Nabire. Bahkan, lahan juga sudah siap. ”Dalam waktu dekat, Bupati Nabire akan mengundang komisi II DPRI dan bupati se-Meepago untuk bertemu di Nabire,” katanya.

Meki Nawipa menegaskan, jika Jakarta menginginkan ibu kota Papua Tengah berada di Timika, maka mereka yang berada di Papua Tengah akan bergabung dengan Jayapura. “Kita non kompromi dengan Mimika, tetap berpedoman pada UU 45 tahun 1999. Dimana tertulis Papua Tengah ibu kotanya di Nabire,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Nabire, Mesak Magai menyebut Kabupaten Nabire merupakan kabupaten tertua  di wilayah Meepago. Selain itu, Kabupaten Nabire juga telah memekarkan tiga kabupaten yaitu Paniai, Puncak Jaya dan Dogiyai. Inilah sebagai alasan bahwa ibu kota Papua Tengah itu harus berada di Kabupaten Nabire.

Lanjut Mesak menjelaskan, Kabupaten Nabire merupakan kota sentral se-Papua Tengah. Ketika berbicara masalah Papau, tidak boleh melupakan ada lima kota sentral tertua di Papua yakni Kota Jayapura, Jayawijaya, Merauke, Nabire dan Biak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini