Keren, Podcast The Teacher’s Pet Bantu Ungkap Kasus Pembunuhan

Baca Juga

MATA INDONESIA, SYDNEY – Podcast sekarang ini menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk mencari dan mendapatkan informasi. Mirip dengan radio, Podcast sebenanrya lebih spesifik dengan wawancara nara sumber. Tujuannya untuk menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa disebarkan ke pendengarnya.

Salah satu yang menarik adalah Podcast The Teacher’s pet. Podcast ini ternyata membantu memenjarakan seorang pembunuh bernama Chris Dawson.

Kisah pembunuh ini berawal dari keputusan Mahkamah Agung New South Wales yang mendakwa Chris Dawson atas tuduhan pembunuhan berencana pada 30 Agustus 2022. Hal tersebut ia lakukan terhadap istrinya Lynette Dawson pada tahun 1982. Tidak ada yang bisa menemukan jasad Mrs.Dawson hingga saat ini.

Hakim Ian Harrison menyimpulkan bahwa Chris Dawson membunuh istrinya akibat perselingkuhannya dengan pengasuh di rumahnya yang masih remaja. Kebetulan pengasuh itu adalah seorang siswa di sekolah tempat dia mengajar.

Kasus ini sebenarnya tak ketahuan. Nyaris senyap. Saat Lyette Dawson menghilang, tak ada yang tahu. Chris Dawson hanya menyebutkan bahwa istrinya melarikan diri bersama selingkuhannya.

Barulah setelah dua puluh satu tahun lalu, seorang jurnalis bernama Hedley Thomas  mulai menyelidiki keberadaan Lynette Dawson. Ia curiga dengan menghilangnya Lynette sejak 1982.

Thomas mengetahui kasus ini pada tahun 2001 dari cerita seorang kerabat Lynette yang mencurigai hilangnya sepupu mereka. Thomas pun mulai melakukan investigasi. Ia mewawancarai keluarga, teman, tetangga dan saudara sepupu Lynette. Thomas juga melakukan wawancara dengan polisi senior yang terlibat dalam penyelidikan, termasuk komisaris polisi negara bagian dan dengan seorang kapten polisi yang memimpin penyelidikan dalam kasus menghilangnya Lynette. 

Sayangnya hasil wawancara dan penyelidikannya itu tak bisa termuat di media tempat ia bekerja. Ia pun akhirnya membuat Podcast sendiri dan memberinya nama The Teacher’s Pet. 

Podcast ini membahas mengenai perselingkuhan. Thomas sengaja mengangkat kisah  Dawson dalam Podcast ini. Hasil wawancaranya ia tuangkan dalam podcast tersebut. 

Tak disangka, podcast ini meledak. Banyak warga yang suka dengan analisa dan cara penyajian Podcast ini. Polisi pun mau tidak mau membuka kembali kasus ini dan mulai melakukan penyelidikan. 

Hasilnya, setelah pemeriksaan maraton yang cukup panjang, Chris Dawson akhirnya mengaku bahwa ia membunuh istrinya. Wilayah New South Wales pun gempar. Chris Dawson akhirnya menjalani proses persidangan dan ia pun dijebloskan ke penjara. 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Aliansi Perjuangan Rakyat Gelar Aksi Demo Peringati Hari Buruh di Kota Kupang

Minews.id, Kupang - Dalam rangka memperingati hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei 2024, Aliansi Perjuangan Rakyat (Aparat)...
- Advertisement -

Baca berita yang ini