Kepala BIN: IKN Nusantara Wujudkan Visi Indonesia 2045

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah telah mengesahkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara. Sehingga pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur akan semakin nyata.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan, menyebut Indonesia membutuhkan terobosan besar dan kreativitas yang luar biasa untuk bisa tetap di peta jalan Visi Indonesia 2045. Salah satunya, kata dia, adalah dengan keputusan besar memulai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

”Dengan pembangunan IKN Nusantara, jalan Indonesia untuk kembali dan melampaui level pertumbuhan sebelum pandemi terbuka,” ujar Budi Gunawan, Sabtu 12 Maret 2022.

Menurut Budi, dengan IKN Nusantara Indonesia akan lebih cepat memiliki model ekonomi berbasis digital sebagai pendorong pertumbuhan. Itu juga mengadopsi arah ekonomi berkelanjutan, bersahabat dengan alam, dan lebih merata secara geografis.

Dia mengatakan struktur ekonomi Indonesia saat ini secara spasial dominan Pulau Jawa, yakni 57,89 persen. Padahal potensi wilayah lain sangat besar. “Ini penjelasan mengapa Presiden Jokowi memutuskan pembangunan IKN harus sesegera mungkin,” katanya.

“Desain IKN Nusantara sebagai kawasan pertumbuhan baru dengan semua kriteria tadi: smart, green, dan sustainable. Kita ingin memanfaatkan momentum akselerasi pembangunan nasional untuk mewujudkan Visi Indonesia 2045,” ujar Budi Gunawan.

Pandemi Covid-19 sedikit banyak telah membuyarkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia. Indonesia harus memiliki terobosan besar untuk tetap bisa menjadi kekuatan ekonomi kelima terbesar dunia pada 2045.

Sebelum pandemi, berbagai lembaga ekonomi dan keuangan dunia sepakat melihat Indonesia sebagai emerging power. Yang akan menjadi kekuatan ekonomi dunia dalam rentang satu-dua dekade mendatang. IMF, World Economic Forum, World Bank, Asian Development Bank, maupun PricewaterhouseCoopers dan McKinsey sepakat, Indonesia akan melompat dari urutan ke-16 selama ini ke peringkat kelima pada 2045.

Namun, disrupsi pandemi mengaburkan optimisme ini. Sejumlah parameter kemudian berubah. Dalam dua tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia terkontraksi dari minimal lima persen selama 10 tahun terakhir.

“Pemulihan ekonomi nasional berjalan relatif baik. Kita berhasil mencapai pertumbuhan 3,69 persen pada 2021. Lebih tinggi dari 2020 yang hanya 2,07 persen. Tapi, ini bukan angka yang memadai untuk mewujudkan Visi Indonesia 2045,” katanya.

Budi menilai, pembangunan IKN akan menjadi titik pusat baru yang akan menarik banyak orang dari berbagai latar belakang. Ibarat laron tentu akan mencari pelita atau cahaya. Sehingga IKN ketika memancarkan cahaya tentu akan menarik minat banyak orang yang berniat memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan IKN akan memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama keluarga masing-masing dan pelaku ekonomi lainnya. Prakiraanya mencapai 1,5 juta jiwa.

Kondisi tersebut akan menjadikan masyarakat Kalimantan Timur, khususnya di seputar IKN akan menjadi semakin plural. Baik dari latar belakang etnis, ras, agama, dan kebudayaan.

Hasil pengkajian dari berbagai studi para akademikus, masyarakat berharap agar integrasi kehidupan masyarakat yang berkeadilan dapat terjadi. Sehingga pembangunan IKN benar-benar dapat terasa bagi seluruh masyarakat Kalimantan dan Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini