Kenapa Jokowi Belum Mau Mekarkan Papua? Ini Jawabannya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Pemekaran Papua menjadi beberapa provinsi baru sepertinya masih belum akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Alasan utamanya, saat ini pemerintah masih memberlakukan moratorium untuk pemekaran daerah.

Tak dipungkiri, pemekaran Papua sebenarnya datang dari masyarakat kepada Jokowi. Hanya saja, aspirasi itu belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Aspirasi itu sudah disampaikan ke Mendagri, tapi tentu ada kajian-kajian, perhitungan untuk perbaikan bersama, perbaikan Papua,” ujar Jokowi di Jakarta, Senin 2 Desember 2019.

“Urusan pemekaran itu masih moratorium, tapi kalau ada aspirasi-aspirasi dari bawah, misal dari Provinsi Papua, baik Papua Selatan, Papua Tengah, saya kira silakan,” kata presiden menambahkan.

Presiden berkata, saat ini masalah pemekaran di Papua sudah sempat dibahas antara pemerintah dengan DPR.

Di pihak lain, Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan belum ada keputusan terkait pemekaran untuk Provinsi Papua Tengah. Doli menyebut Komisi II hanya menerima masukan dari para bupati di wilayah Papua itu.

“Belum (ada kesimpulan), kan kami cuma rapat dengar pendapat umum. Jadi kami menerima masukan,” kata Doli, November 2019 lalu.

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini