Kemenparekraf Terus Dorong Penerbitan Jurnal Kepariwisataan Indonesia

Baca Juga

Mata Indonesia, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, meluncurkan Jurnal Kepariwisataan Indonesia (JKI) Vol. 17 Edisi 2 bulan Desember 2023 yang waktu penerbitannya bertepatan dengan kegiatan “Pesta Rakyat Sambil Ngobrol Asik Bareng Menteri Urusan Parekraf (Ngampar)” yang diselenggarakan Deputi Bidang Kebijakan Strategis di Ballroom Gedung Film Pesona Indonesia, Jakarta, pada Senin (18/12).

Menparekraf menuturkan, pihaknya terus mendorong penerbitan Jurnal Kepariwisataan Indonesia (JKI) dalam upaya meningkatkan pencapaiannya menjadi jurnal terindeks bereputasi internasional, agar dapat lebih dikenal dan dimanfaatkan lebih luas oleh para stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif.

“JKI harus dikelola dengan serius dan profesional agar dapat menembus indeksasi internasional, salah satunya Scopus. Dan ini salah satu bentuk sumbangsih dan kontribusi Kemenparekraf dalam pengembangan sektor pariwisata di Indonesia,” tutur Menparekraf.

Jurnal Kepariwisataan Indonesia (JKI) Vol. 17 Edisi 2 tahun 2023 tersebut berisi 11 naskah yang ditulis oleh para akademisi, peneliti, analis kebijakan, dan praktisi dari berbagai instansi yang tersebar di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Australia.

Naskah tersebut membahas berbagai isu atau tema pariwisata yang inovatif dan terkini seperti Menyeimbangkan Tradisi dan Pariwisata; Dinamika Peran Perempuan Bali; Implikasi Peran Daya Dukung Pariwisata dalam Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan; Pengaruh Kedatangan Wisatawan Mancanegara terhadap Pembangunan Daerah di Nusa Tenggara Timur; dan beberapa isu/tema yang lainnya.

Menparekraf Sandiaga turut mengapresiasi para penulis, dewan editor, serta reviewer yang telah berkontribusi dalam penerbitan Jurnal Kepariwisataan Indonesia ini. 

“Saya berharap jurnal ini dapat bermanfaat dan menjadi gagasan era baru dan sumber referensi bagi para pemangku kepentingan pariwisata di Indonesia,” tandasnya.

(Kementerian Perhubungan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini