Kembangkan Arsip, Kemensetneg Gelar Anugerah Penghargaan Pengawasan Kearsipan Internal 2023

Baca Juga

Mata Indonesia, Jakarta – Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) melalui Biro Tata Usaha dan Arsip Kepresidenan menyelenggarakan Anugerah Penghargaan Pengawasan Kearsipan Internal Kemensetneg Tahun 2023, di Gedung III Kemensetneg, pada Senin (18/12).

Anugerah penghargaan tersebut merupakan hasil pengawasan kearsipan selama tahun 2023 serta penyerahan Laporan Audit Kearsipan Internal (LAKI) tahun 2023 dan piagam penghargaan untuk objek pengawasan terbaik kepada 45 unit pengolah, 5 Unit Kearsipan II, dan 4 Unit Kearsipan III.

Kepala Biro Tata Usaha dan Arsip Kepresidenan yang juga Penanggung Jawab Tim Pengawasan Kearsipan Internal Kemensetneg, Sinta Puspitasari, memaparkan, pengawasan kearsipan internal merupakan pengawasan yang dilakukan di tahun 2023 atas pelaksanaan kegiatan kearsipan di tahun 2022.

“Pengawasan yang telah kita lakukan selama di tahun 2023. Pengawasan dilakukan di 2023 adalah pelaksanaan kegiatan kearsipan di tahun 2022. Pada pelaksanaan kemarin, kami sudah memenuhi yang terdiri dari Arsiparis UK 1 (Biro Tata Usaha dan Arsip Kepresidenan) yang juga melibatkan beberapa teman-teman di Unit Pengolah, Unit Kearsipan II dan III,” ujar Sinta.

Pengawasan internal tersebut merupakan amanat dari UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Arsip. “Kemensetneg berkewajiban untuk pengolahan arsip sesuai dengan amanat dari undang-undang tersebut dengan maksud dan tujuan utamanya adalah mendorong agar arsip di lingkungan Kemensetneg terkelola, terpelihara dengan baik sehingga kedepannya bisa sebagai sarana informasi dan mudah mengakses arsip-arsip tersebut,” papar Sinta.

Sinta turut mengapresiasi seluruh arsiparis dan unit kearsipan yang bersinergi saat melakukan pengawasan kearsipan internal ini.  “Kami mengapresiasi juga kinerja dari teman-teman Arsiparis, terutama Bapak Ibu dari unit pengolah kearsipan yang sudah membantu kami untuk mendorong, menata kearsipan, karena itu tidak bisa kami lakukan sendiri. Ini semuanya adalah kinerja dari Bapak dan Ibu sekalian di Kementerian Sekretariat Negara,” tutur Sinta.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya utama, juga turut mengapresiasi seluruh tim pengawas kearsipan internal Kemensetneg juga para pimpinan unit kerja yang hadir. “Pak Menteri Sekretaris Negara sangat perhatian dengan arsip, beberapa kali beliau mengecek ruang letak pengelolaan arsip, saat melihat design istana dan kantor Kemensetneg di Ibu Kota Nusantara nanti, beliau menanyakan di mana letak ruang khusus arsip,” imbuhnya.

Setya Utama menyampaikan, arsip salah satu hal vital dalam tata kelola pemerintahan, tidak hanya untuk disimpan, namun arsip memiliki informasi didalamnya. “Arsip di Kemensetneg ini sangatlah vital, karena arsip yang dipunya berupa arsip kepresidenan maka dari itu Kemensetneg terus berupaya untuk berinovasi untuk pengembangan arsip,” tandasnya.

(Humas Kemensetneg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini