Kawal Pembangunan, TNI Prioritaskan Bangun Kodim di IKN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Semua elemen mendukung penuh perpindahan sefrta pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dilakukan pemerintah. Salah satunya datang dari jajaran petinggi TNI. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

PIhaknya menyatakan telah mendirikan posko untuk mendukung pembangunan IKN. Dudung juga memastikan bahwa TNI-AD akan membangun satuan setingkat kodim di IKN Nusantara.

“Dalam rangka proses pembangunan, Kodam VI/Mulawarman, (posko) sudah terbentuk di sana,” katanya.

Posko tersebut sekaligus menjadi pusat komando Angkatan Darat dalam mengawal pembangunan IKN Nusantara. ”Sehingga keamanan sudah terjamin,” katanya.

Dudung mengatakan, pihaknya sudah mendapat kepastian tempat untuk membangun Markas Besar TNI-AD (Mabesad).

“Sudah di-plotting di mana letak (Markas Besar) TNI-AD pada saat IKN terbentuk,” katanya.

Namun, pembangunannya tetap menyesuaikan keputusan pemerintah pusat. TNI-AD akan bergerak sesuai dengan komando yang diberikan.

TNI-AL dan TNI-AU juga sudah memastikan akan membangun markas di IKN Nusantara.

Mereka juga bakal menambah dan menggeser satuan untuk memperkuat pertahanan IKN Nusantara.

AL berencana membangun dua komando daerah maritim (kodamar) dan menambah satu pasukan Marinir (pasmar). Sedangkan TNI-AU berniat membangun pangkalan udara (lanud) berikut satuan untuk mendukung aktivitas serta mobilitas presiden dan wakil presiden.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini