Karhutla Menggila, Kementan dan Kominfo Diminta Ikut Turun Tangan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Kebakaran hutan di sejumlah daerah semakin parah. Sejumlah kementerian pun terpaksa harus diikutsertakan dalam penanganan ‘bencana’ musim kemarau tersebut, di antaranya yang terbaru adalah Kementerian Pertanian dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Seperti diketahui, satu-satunya kementerian yang sejauh ini terlibat dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Conro Kirono berkata untuk penanganan karhutla kali ini, koordinasi akan terus diperluas antara KLHK, TNI, Polri, BMKG, BNPB, dan BPBD daerah terdampak.

Ia juga menjelaskan peran Kementan dan Kominfo dalam penanganan karhutla. Menurutnya, Kementan akan memberi saran terkait tanaman apa saja yang sebaiknya ditanam di lokasi yang selama ini menjadi wilayah rawan karhutla.

“Ya tanaman apa saja, mungkin kopi liberika atau jenis lain yang intinya tidak menyerap banyak air seperti sawit kalau ditanam di lahan gambut,” ujar Condor di Jakarta, Jumat 16 Agustus 2019.

Sementara untuk Kominfo, akan bertugas memberi imbauan dan arahan yang penting untuk diikuti serta ditaati masyarakat di wilayah-wilayah rawan karhutla.

Kominfo juga nantinya akan berperan untuk memberikan akses informasi terbaru pengendalian karhutla yang tengah berjalan kepada masyarakat luas.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini