Karakteristik Varian AY.4.2 Masih Diteliti

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – AY.4.2 bukan varian baru virus corona. Namun, AY.4.2 adalah bagian varian Delta yang mengalami perubahan atau mutasi tambahan.

Hal ini diutarakan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. ”Sebenarnya AY bukan varian baru, namun bagian dari varian Delta yang mengalami perubahan atau mutasi tambahan. Jenis varian AY dari mutasi Delta ini cukup beragam yaitu dari AY.1 hingga AY.28,” kata Wiku, Kamis 28 Oktober 2021.

Wiku menyebut mutasi varian Delta cukup beragam. Maka itu, varian AY masih tahap penelitian untuk mengetahui karakteristiknya.

“Kita belum bisa mengetahui apakah berbagai jenis varian Delta ini memiliki karakteristik khusus yang dapat memengaruhi laju penularan, keparahan gejala, maupun vaksinasi, karena studi terkait hal tersebut masih berlangsung,” kata dia.

Pemerintah tetap memaksimalkan pelaksanaan strategi yang sudah ditetapkan sebagai antisipasi, yaitu karantina perjalanan, 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), 3T (testing, tracing dan treatment), serta vaksinasi.

“Agar dapat mencegah masuknya semua jenis varian baru sekaligus meminimalisir pembentukan mutasi baru di dalam negeri,” ucap dia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah terus memonitor dan mewaspadai masuknya varian baru virus corona ke Indonesia. Salah satunya adalah varian AY.4.2 yang menimbulkan lonjakan kasus COVID-19 di Inggris.

Hal tersebut disampaikan Budi dalam keterangan pers usai rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo, mengenai evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kami sudah memonitor kemungkinan adanya varian-varian baru. Kami sudah lihat bahwa di Inggris ada satu varian yang berpotensi mengkhawatirkan, yaitu AY.4.2 yang belum masuk di Indonesia, yang sekarang terus kami monitor perkembangannya seperti apa,” ujar Budi.

Menurut Budi, varian AY.4.2 merupakan turunan dari varian Delta. Varian ini menyebabkan peningkatan kasus konfirmasi yang cukup signifikan di Inggris, sejak Juli sampai Oktober tahun ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Aparat Keamanan dalam Mewujudkan Pilkada Kondusif

Dalam upaya menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang kondusif dan aman, peran aparat keamanan sangatlah vital. Dengan sinergi yang...
- Advertisement -

Baca berita yang ini