Kapasitas Laboratorium Indonesia Deteksi Virus Penyebab Pandemi Naik Tiga Kali Lipat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kapasitas Indonesia mendeteksi virus penyebab pandemi sekarang telah meningkat tiga kali.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha melalui keterangan tertulis, Kamis 23 Juni 2022.

Lembaga pendaan kesehatan, The Global Fund, selama 2022 telah mendukung pendirian 17 laboratorium sequencing dan analasis data di 13 provinsi di Indonesia.

Dukungan tersebut dapat meningkatkan kapasitas Indonesia dalam menghadapi pandemi yang akan datang.

“Upaya tersebut tidak akan mungkin terwujud jika tidak dilakukan melalui kerjasama antara universitas, rumah sakit, dan pemerintah daerah, swasta, dan mitra internasional,” kata Kunta.

Sementara, Executive Director of The Global Fund (GF) Peter Sands saat berkunjung ke Laboratorium Nasional Prof. Srie Oemiyati, BKPK Jakarta menegaskan komitmennya mendukung Indonesia memperkuat kapasitas pengawasan genomik nasional.

Hibah yang diberikan Global Fund memungkinkan Indonesia meningkatkan kapasitas laboratorium rujukan nasional serta memberdayakan lebih banyak laboratorium untuk melakukan sequencing.

Global Fund juga membantu menyediakan peralatan Lab lainnya, peralatan habis pakai, dan pelatihan untuk petugas laboratorium.

Pengawasan itu dapat mengetahui masalah kesehatan apa yang sedang terjadi, tidak hanya pandemi Covid-19 tetapi masalah kesehatan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tolak Golput dan Wujudkan Pilkada Berintegritas

Oleh: Silvia AP )* Fenomena golongan putih (golput) sering kali dipandang sebagai bentuk protes terhadap sistem politik yang dianggap tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini