Kapal TNI Sampai Dikerahkan untuk Angkut Pemudik Tahun Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Menghadapi masa-masa mudik lebaran, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat sampai harus meminjam kapal perang TNI untuk mengangkut pemudik tahun ini,

Dari dua kapal TNI Angkatan Laut yang dipinjam, salah satu di antaranya adalah KRI Banda Aceh yang berkapasitas 500 penumpang dan 750 motor.

Menurut Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, kapal TNI itu akan melayani penyeberangan Jakarta-Panjang dan Jakarta-Semarang. Penggunaan kapal TNI adalah bentuk antisipasi karena diduga pemudik tahun ini meningkat.

Selain itu, menurut Budi, pihaknya juga akan melakukan survei gelobang laut di Pelabuhan Indah Kiat dan Ciwandan, sebagai upaya antisipasi lonjakan penumpang akibat pergeseran dari pesawat ke moda darat dan penyebrangan yang diprediksi mencapai 30 persen tahun 2019 ini.

Budi mengatakan pergeseran penumpang tersebut bukan hanya dipicu karena adanya peningkatan harga tiket pesawat, melainkan pula tersedianya akses jalan tol dari Merak hingga Surabaya, yakni Tol Trans-Jawa yang sudah diselesaikan pemerintah.

.Tak hanya Trans Jawa, tersambungnya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar juga diprediksi akan meningkatkan pergerakan penyeberangan.

“Jadi bukan alasan tiket pesawat saja, tapi akses tol kian mudah,” ujar Budi di Jakarta, Jumat 17 Mei 2019.

Berdasarkan data Kemenhub, moda transportasi yang mengalami kenaikan paling besar adalah bus, yakni 4,68 juta penumpang, lalu kereta api sebanyak 6,45 juta penumpang, kapal laut sebanyak 1,08 juta penumpang, dan pesawat 5,78 juta penumpang.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini