Kabupaten Bogor Gaungkan Silat Cimande di Festival Pencak Silat Tahun 2022

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Tahun ini Pemerintah Kabupaten Bogor menggelar Festival Pencak Silat yang diadakan di Metland Mall, Cibubur, Cileungsi, Kabupaten Bogor pada Minggu 19 Juni 2022.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan bahwa Kabupaten Bogor merupakan tempat lahirnya beladiri pencak silat yang saat ini merupakan yang tertua di Indonesia.

Silat Cimande lahir pada abad ke-17 dan menjadi cikal bakal silat di Jawa Barat.

“Kita bangga, Kabupaten Bogor adalah salah satu daerah yang punya sejarah dari abad ke-17, yakni silat Cimande sebagai cikal bakal pencak silat,” kata Iwan.

Acara ini berisi talkshow yang dihadiri oleh tokoh-tokoh pencak silat seperti aktris pencak silat Prisia Nasution, Aktor Cecep Arif Rahman dan master pencak silat Asep Gurnawan.

Festival pencak silat ini dibuat Pemkab Bogor sebagai upaya mengenalkan silat cimande kapada masyarakat. Dalam sambutannya juga, Iwan menjelaskaan bahwa masyarakat terlihat antusias.

“Kami ingin bahwa silat itu tidak lagi identik di perkampungan, silat itu identik kalau ada hajatan. Maka hari ini kami memperkenalkan silat itu di mall,” katanya.

Seperti visi misi Kabupaten Bogor yakni termaju, nyaman dan berkeadaban salah satu caranya adalah dengan mempertahankan tradisi, kultur dan budaya yang ada serta lahir di Kabupaten Bogor.

“Dari sinilah kita membuat kebijakan bahwa hal ini harus dipelihara dan dilestarikan dengan baik. Alhamdulillah sampai hari ini, silat Cimande masih tetap ada dan lestari,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini