Jokowi Sebut Indonesia Jadi Negara Nomor Tiga di Dunia

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Presiden Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi ketiga terbesar di dunia.

Peringatan itu dia unggah melalui akun media sosialnya, Rabu 3 Juli 2019. Selain membuat pernyataan tersebut, Jokowi juga menggunggah laporan New York Times bulan lalu.

Media massa berpengaruh di Amerika Serikat itu menyebut Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia setelah India dan Amerika Serikat.

“Indonesia adalah negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, di bawah India dan Amerika Serikat. Dan demokrasi senantiasa memayungi keberagaman. Inilah salah satu potret Indonesia dalam liputan surat kabar The New York Times,” kata Jokowi dalam pernyataan tertulisnya.

Sementara laporan New York Times yang berjudul “With Joko Widodo’s Re-election, Indonesia Bucks Global Tilt Toward Strongmen” menggambarkan bagaimana lelaki kelahiran Solo itu bukan presiden biasa.

Laporan yang ditulis Hannah Beech dan Muktita Suhartono pada 21 Mei 2019 tersebut tidak mengedepankan Jokowi sebagai tokoh yang flamboyan dan retoris.

Hannah dan Muktita bahkan menyebutnya pidatonya tidak dipenuhi dengan retorika populis. Jokowi bahkan digambarkan sebagai pelayan rakyat Indonesia.

Setidaknya tertangkap dalam tulisan itu saat Jokowi mengambil telepon seluler warga yang ingin selfie dengannya. Saat mengembalikan telefon itulah New York Times mengutip pernyataan singkatnya. “Saya presiden kamu, Saya bekerja untuk mu. Itulah tugas saya,” demikian ditulis New York Times.

Berita Terbaru

Indonesia Tawarkan Upaya Konkret Penanganan Air Dalam WWF ke -10

Rangkaian pertemuan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 di Nusa Dua, Bali menghasilkan diskusi yang konstruktif dalam rangka...
- Advertisement -

Baca berita yang ini