Joe Biden Ingatkan Jakarta Segera Tenggelam

Baca Juga

MATA INDONESIA, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden sangat percaya Jakarta akan tenggelam pada 10 tahun mendatang sehingga ibu kota Indonesia harus dipindah.

Hal itu diungkapkan Biden saat memaparkan ancaman perubahan di kantor Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS) yang dipublikasikan, Jumat 30 Juli 2021.

Perubahan iklim, menurut Biden, menyebabkan naiknya permukaan laut. Jutaan orang bisa kehilangan tempat tinggal hingga mata pencahariannya ketika permukaan laut naik setinggi 76 cm atau dua setengah kaki saja.

“Apa yang terjadi di Indonesia, jika proyeksinya benar, bahwa dalam 10 tahun ke depan mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena bakal tenggelam di bawah laut?” ujar Presiden Biden seperti dikutip indonesiaexpat.id, Jumat 30 Juli 2021.

Dia pun meminta warga AS bergabung dengan masyarakat global untuk mencegah hal tersebut. Menurutnya, dalam hal ini bahkan AS bisa saja bekerja sama dengan Rusia dan Cina.

Data satelit Light Detection and Ranging (LiDAR) yang dihimpun oleh institut riset Deltares yang berbasis di Belanda berhasil memberikan gambaran yang akurat terhadap kondisi tanah terhadap tinggi permukaan laut. Hal ini bisa dipengaruhi berbagai faktor, pengambilan air tanah secara masif, contohnya.

Melansir Channel News Asia, (7/7/2021), kawasan Indonesia adalah yang kondisi tanahnya paling rentan terhadap kenaikan air laut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini