Jika Terpilih, Jokowi Wacanakan Sehari Pakai Sarung Bersama

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Sarung merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia. Untuk itu, Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mewacanakan kebijakan memakai sarung sehari dalam setiap bulan jika kelak kembali terpilih sebagai Presiden.

Menurutnya, kebijakan ini masih digodok untuk menentukan frekuensi masyarakat menggunakan sarung dalam kurun waktu satu bulan.

“Ini baru kita akan tentukan setiap hari tertentu dalam satu bulan memakai sarung bersama-sama. Mau enggak, setuju enggak? ,” kata Jokowi saat menghadiri Festival Sarung Indonesia 2019 di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 3 Maret 2019.

Jokowi mengatakan sarung merupakan salah satu kekayaan budaya karena setiap wilayah di Indonesia memiliki motif atau corak yang berbeda-beda. Menurutnya, sarung merupakan kekayaan budaya yang hanya dimiliki oleh Indonesia.

Oleh karena itu, tambahnya, sarung harus ditempatkan dan mendapatkan penghargaan. “Inilah sebuah kekayaan budaya yang tidak dimiliki bangsa lain, negara lain,” katanya.

Sarung saat ini identik dengan calon wakil presiden pendamping Jokowi di Pilpres 2019, Ma’ruf Amin. Dalam berbagai kesempatan Ma’ruf selalu mengenakan sarung, termasuk saat debat pertama Pilpres 2019. 

Ma’ruf juga menyatakan akan tetap memakai sarung jika nanti terpilih menjadi wapres mendampingi Jokowi. Jokowi juga kerap tampil bersarung dalam beberapa acara, termasuk saat menghadiri acara Nahdlatul Ulama beberapa waktu lalu.

Berita Terbaru

Bupati Sleman Resmikan Gen Z Institut Sleman: Harapan Besar Generasi Z Membangun Sleman Sembada

Sleman, 16 Juli 2024 – Kabupaten Sleman menyaksikan sebuah tonggak penting dalam pemberdayaan generasi muda dan perempuan dengan peluncuran...
- Advertisement -

Baca berita yang ini