Jadi Andalan Ekonomi Lokal, Jokowi Bakal Resmikan Tol Pek-Dum Jumat Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km pada Jumat 21 Februari 2020.

Tol ini dibangun karena sangat berperan penting dalam pemerataan ekonomi dan efisiensi transportasi. Hal ini disampaikan oleh Kadis Perhubungan Provinsi Riau, Syamsuar.

Tol sepanjang 131 km yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) ini, disebut memiliki peran penting khususnya pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau.

“Ini akan menjadi Hub ekonomi Sumatera-Asean. Dampaknya akan sangat tinggi terutama bagi para pengusaha lokal dan warga setempat, ekonomi akan tumbuh signifikan,” ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu 19 Februari 2020.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan memiliki strategi bagaimana mengembangkan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) termasuk Tol Pekanbaru-Dumai agar tetap memperoleh laba. Keuntungan ini bisa diperoleh meskipun Lalu Lintas Rata-rata Harian (LHR) tidak layak dari sisi bisnis.

Menurutnya, Hutama Karya akan mengembangkan Value Capture dan Value Creation dari tol Pekanbaru-Dumai. Value Capture dengan memanfaatkan kesempatan bisnis untuk menghasilkan keuntungan yang mendukung pembiayaan pembangunan JTTS selanjutnya dan Value Creation untuk melaksanakan pengusahaan JTTS agar menghasilkan manfaat semaksimal mungkin bagi masyarakat/pengguna JTTS.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa nantinya setelah tol ini jadi, Hutama Karya akan mengembangkan Kawasan Industri, Residensial, Pariwisata, dan Mix-Use Area. Hadirnya tol Pek-dum juga akan membuka lapangan kerja dan konektivitas baru disini. Hutama Karya saat ini masuk ke dalam 3 besar Investor di Riau.

Keberadaan tol Pekanbaru-Dumai diakui oleh asosiasi pengusaha akan menggerakkan perekonomian karena mempermudah arus perdagangan, di mana Dumai akan menjadi pintu masuk bagi 48 persen pedagang dunia melalui selat Malaka.

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni ruas tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas siap diresmikan, setelah beroperasi fungsional pada akhir 2019. Ruas Tol ini dibuka fungsional saat momen natal dan tahun baru (nataru) 2019.

Presiden Jokowi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dijadwalkan meresmikan tol ini pada Jumat 21 Februari 2020. Peresmian akan dilakukan di gerbang tol Pekanbaru, Provinsi Riau.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini