Israel: Dialog Gencatan Senjata Rusia-Ukraina Berada pada Titik Kritis

Baca Juga

MATA INDONESIA, YERUSALEM – Pejabat Israel mengungkapkan bahwa pembicaraan gencatan senjata antara Rusia-Ukraina berada pada titik kritis. Sebagaimana diketahui, Israel yang memiliki hubungan baik dengan kedua negara mencoba menjadi mediator untuk .

Pejabat tersebut mengatakan bahwa ketegangan mulai melunak di kedua belah pihak dalam 24 jam terakhir. Di mana Rusia menyatakan hanya ingin demiliterisasi wilayah Donbas dan Presiden Volodymyr Zelensky yang mengatakan telah menenangkan diri tentang bergabung dengan NATO.

Melansir Axios, Rabu, 9 Maret 2022, pejabat tersebut berharap bahwa ini adalah sinyal awal untuk lebih banyak kemajuan menuju solusi diplomatik.

Pada akhir pekan lalu, Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett mengunjungi Rusia dan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Kremlin melaporkan bahwa Putin memberi tahu Bennett mengenai hasil dialog putaran ketiga antara Rusia-Ukraina di Belarusia.

Sementara itu, pejabat Israel mengungkapkan bahwa dalam pertemuan dengan Putin, Bennett menyampaikan ide-ide yang muncul dari Ukraina dan negara-negara lain, termasuk Prancis dan Jerman, untuk mendapatkan reaksi Putin dan menilai apakah dia fleksibel atau tidak dengan kondisinya saat ini untuk gencatan senjata.

Para pejabat Israel juga memuji pembicaraan mereka dengan Putin untuk mengkristalkan situasi bagi Zelensky dan juga berkontribusi pada pengetahuan barat tentang posisi presiden Rusia.

Kemudian pada Selasa (8/3), Bennett berbicara kepada Zelenskyy mengenai upaya gencatan senjata dan kemudian menelepon Putin untuk menyampaikan pesan dari presiden Ukraina.

Bennett dan stafnya memberi penjelasan singkat kepada Ukraina, pemerintahan Joe Biden, Prancis, dan Jerman tentang pertemuan dengan Putin secara rinci dan juga tentang panggilan telepon berikutnya.

“Kami menyampaikan ke Amerika Serikat (AS), Prancis dan Jerman rincian proposal Putin ke Zelensky, yang tidak sepenuhnya diketahui di Washington, Prancis dan Berlin,” kata pejabat Israel.

Menurut pejabat Israel, usulan Putin sulit diterima oleh Zelenskyy, tetapi tidak se-ekstrim yang mereka perkirakan. Mereka mengatakan proposal itu tidak termasuk perubahan rezim di Kiev dan memungkinkan Ukraina untuk mempertahankan kedaulatannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini