Israel Bangun 500 Pemukiman Yahudi Baru di Yerussalem

Baca Juga

MATA INDONESIA,YERUSSALEM – Pemerintah Israel mengajukan rencana untuk membangun hampir 500 rumah baru untuk pemukiman Yahudi di Yerussalem.

Pembangunan pemukiman ini akan semakin memisahkan Yerussalem dengan kota terdekat Palestina, seperti Bethlehem dan Tepi Barat Selatan.

Pemerintah merencanakan pemukiman Givat HaShaked menjadi kelompok pemukiman yang berada di tepi selatan Yerussalem Timur. Kawasan disekitarnya banyak diantaranya yang telah menjadi lingkungan perumahan yang lengkap.

Hal tersebut semakin mempertipis kemungkinan adanya solusi bagi kedua negara. Pejabat kota Yerussalem mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk membangun pemukiman Yahudi dan Arab di seluruh wilayah Yerussalem.

Israel merebut kawasan Tepi Barat dan Yerussalem dalam perang Timur Tengah 1967 dan telah membangun pemukiman di kedua wilayah yang sekarang menjadi rumah bagi sekitar 700.000 warga Yahudi.

Sebenarnya Palestina menginginkan kedua wilayah tersebut menjadi bagian dari masa depan negaranya, namun pembangunan Israel disana justru semakin pesat.

Palestina juga memandang bahwa adanya pemukiman di tanah Yerussalem tersebut menjadi hambatan terbesar bagi perdamaian kedua negara. Namun sebagian besar negara di dunia menganggap pemukiman tersebut merupakan pemukiman yang ilegal.

Pemukiman terbaru akan dibangun berdekatan dengan lingkungan Palestina yaitu Beit Safafa yang sebagian besar sudah dikelilingi oleh pemukiman Israel lainnya.

Direktur Advokasi Ir Amim mengatakan “sementara ada investasi konstan,pembangunan yang kuat untuk Israel,ada penindasan total perencanaan kota (untuk Palestina),yang pada akhirnya berfungsi sebagai mekanisme perpindahan bagi warga Palestina karena mendorong mereka keluar dari kota,” dilansir dari ABC News.

Israel menganeksasi Yerussalem Timur yang ditentang oleh sebagian besar masyarakat internasional. Penduduk Palestina di kota itu menghadapi diskriminasi sistematis, terutama dalam hal perencanaan kota, sehingga sangat sulit bagi mereka untuk membagun rumah atau memperluas lahan yang sudah ada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Optimis Perekonomian Indonesia Terus Bertumbuh

Optimisme pemerintah dalam memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat di tahun-tahun mendatang merupakan sebuah harapan yang perlu didukung...
- Advertisement -

Baca berita yang ini