Iran Rilis Drone Bernama Gaza untuk Hormati Palestina

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pasukan Garda Revolusi Iran baru saja merilis sebuah drone atau pesawat tempur tanpa awak yang dinamai Gaza, sebagai bentuk penghormatan dan dukungan penuh atas kemerdekaan Palestina.

Mengutip AFP, Jumat 21 Mei 2021, drone itu memiliki kemampuan ekstra canggih sebagai alat tempur.

“Pesawat tak berawak itu dinamai Gaza sebagai penghormatan abadi bagi mereka yang hari ini di Gaza berdiri melawan invasi dan agresi Zionis,” kata Komandan Garda Revolusi Iran Mayjen Hossein Salami.

Drone tersebut mampu membawa 13 bom saat terbang dengan ketinggian lebih dari 10.668 kaki dan kecepatan hampir 350 kilometer per jam selama 20 jam.

Tak hanya drone, Iran dengan kemajuan teknologinya juga merilis sistem radar jenis baru yang dinamai Quds atau Kota Yerusalem.

Informasinya, radar ini mampu mendeteksi drone milik asing dalam radius 500 kilometer, dan cepat mengirim sinyal siaga.

Dalam situs Garda Revolusi Iran, radar Quds terlihat seperti versi terbaru dari sistem pertahanan udara yang sempat menembak jatuh drone Global Hawk Amerika Serikat di Selat Hormuz pada 2019 lalu.

“Veris baru ini dapat menembakkan rudal jarak pendek canggih dan memerangi ancaman jarak dekat seperti rudal jelajah, drone, helikopter, dan bom yang dilepaskan dari pesawat,” ucap Salami.

Peluncuran drone Gaza itu berlangsung di hari yang sama ketika Israel dan sejumlah kelompok di Jalur Gaza, yaitu Hamas dan Jihad Islam, menyepakati gencatan senjata. Gencatan senjata itu mulai berlaku Jumat pukul 02.00 waktu setempat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TPST Piyungan Ditutup, Gunungkidul jadi Lokasi ‘Selundupan’ Sampah dari Kartamantul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Ditutupnya TPST Piyungan oleh Pemda DIY pada 1 Mei 2024 kemarin membuat operasi pengiriman sampah di tiap wilayah seperti Kota Yogyakarta, Sleman dan Bantul cukup kelimpungan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini