Iran Didesak Segera Kirim Kotak Hitam Pesawat Ukraina ke Prancis

Baca Juga

MATA INDONESIA, INTERNASIONAL - Amarah Kanada terhadap Iran sepertinya belum reda dalam insiden penembakan pesawat Ukraine International Airlines yang mengakibatkan 176 orang tewas. Maklum, 57 warga Kanada turut menjadi korban dalam malapetaka tersebut.

Kini, Kanada mendesak Iran untuk mengirim black box atau kotak hitam pesawat tersebut ke Prancis untuk dilakukan investigasi bersama. Selain itu, Kanada juga meminta Iran mengembalikan jenazah korban yang tewas ke negara masing-masing.

“Prancis akan menjadi tempat yang tepat untuk mengirim kotak hitam itu untuk mendapatkan informasi yang tepat dari mereka dengan cara yang cepat dan itulah yang kami mendorong pihak berwenang Iran untuk setuju,” kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Jumat 17 Januari 2020.

Dalam konferensi pers di Ottawa, Trudeau menegaskan, tak semua negara memiliki kemampuan membaca kotak hitam pesawat yang dilaporkan rusak parah. Ia sembari meragukan kemampuan Iran untuk melakukan hal itu.

“Iran tidak memiliki tingkat keahlian teknis dan sebagian besar peralatan yang diperlukan untuk dapat menganalisis kotak hitam yang rusak ini dengan cepat,” ujarnya.

Trudeau mengatakan sekitar 20 keluarga korban Kanada telah meminta pengembalian jenazah. Ia mengatakan kepada wartawan bahwa dia berharap jenazah pertama akan dipulangkan dalam beberapa hari mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

ABDUR RAHMAN, KABID PTKP BADKO HMI KALIMANTAN BARAT MENOLAK TAPERA, SEBAB MEMBERIKAN BEBAN TAMBAHAN KEPADA PEKERJA

Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang disahkan melalui Peraturan Pemerintah No. 21/2024 sebagai pengganti PP No.25/2020 oleh Presiden RI...
- Advertisement -

Baca berita yang ini