Inovasi jadi Pendorong Sektor Pariwsiata untuk Pulihkan Perekonomian di Masa Pandemi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sektor pariwisata saat ini menjadi salah satu yang terdampak dari pandemi covid-19. Agar bisa bertahan, sektor pariwisata harus melakukan inovasi dalam mempromosikan potensi wisata yang ada.

Ekonom Universitas Brawijaya Malang Nugroho Suryo Bintoro mengatakan sektor pariwisata Indonesia terkena dampak yang cukup dalam akibat pandemi covid-19, sehingga perlu inovasi dengan menyajikan konsep wisata virtual.

“Para agen wisata bisa melakukan inovasi dengan mengikuti perkembangan zaman. Tentu paket yang diberikan dalam bentuk cuplikan tentang berbagai daerah tujuan wisata,” katanya.

Para pelaku usaha sektor pariwisata perlu melakukan inovasi melalui platform berbasis digital untuk memberikan pengalaman baru bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan wisata secara virtual.

Menurutnya, konsep wisata virtual itu diharapkan bisa memicu keinginan masyarakat untuk berwisata, pada saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dilonggarkan, atau saat pandemi covid-19 telah berakhir.

“Itu akan memunculkan rasa penasaran masyarakat. Alhasil mereka bakal kembali berwisata di daerah-daerah itu,” katanya.

Penggunaan platform digital tersebut, menurutnya, harus bisa memberikan informasi atau visual mendetil tentang daerah, atau objek wisata tersebut. Dengan konsep cuplikan daerah wisata yang menarik, akan memunculkan keinginan masyarakat untuk mengikuti wisata virtual itu.

Selain itu, dalam konsep wisata virtual tersebut juga bisa menggandeng seorang pemandu yang bisa memberikan penjelasan, dan melakukan eksplorasi pada objek-objek wisata yang ada.

“Memang tidak akan senyaman datang langsung, tapi setidaknya bisa mengeksplorasi, dan menimbulkan rasa penasaran, sehingga pada saat (penyebaran covid-19) mereda, mereka akan menuju daerah tujuan wisata,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wujudkan Women Support Women, Bupati Sleman Launching Aksi Putaran Sumringah

SLEMAN – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo meresmikan Aksi Perubahan Pusat Pembelajaran Perempuan Semua Merasa Riang Menggapai Harapan (Putaran...
- Advertisement -

Baca berita yang ini