Ini Tiga Sektor Utama yang Harus Segera Ada di IKN

Baca Juga

MATA INDONESIA, PENAJAM – Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur terus berlangsung.

Proyek yang sedang dalam pengerjaan adalah pengadaan infrastruktur, meliputi jalan utama menuju IKN. Tempat tinggal para pekerja hingga gedung pemerintahan.

Sebanyak 19 paket dengan total nilai kontrak Rp 5,321 triliun untuk pekerjaan pembangunan infrastruktur sektor Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi berlangsung. Hal ini berbarengan dengan beberapa proyeksi mengenai sektor lain yang harus segera ada di IKN demi terciptanya kota layak huni.

Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan setidaknya ada tiga sektor utama yang perlu segera tumbuh di IKN.

Sektor pertama dan kedua adalah gedung perkantoran dan residensial untuk pemerintah atau masyarakat yang menetap serta bekerja di sana. ”Pertama adalah gedung perkantoran. Secara simultan diikuti dengan pembangunan settlement atau residensial untuk para pamong bekerja dan menetap di sana,” kata Syarifah, Rabu 31 Agustus 2022.

Sektor selanjutnya adalah ritel dari berbagai macam skala untuk memfasilitasi kebutuhan publik. “Tidak hanya ritel besar atau private retail yang perlu dibangun, tapi juga public retail dan termasuk stand alone retail atau small scale retail untuk menyediakan layanan kota,” tambah Syarifah.

Penyediaan sektor ritel dalam berbagai skala ini perlu mendapat dukungan dari pengelola kota atau pemerintah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hujan Deras masih jadi Ancaman di DIY, BPBD Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana

Mata Indonesia, Yogyakarta - BPBD DIY telah memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana dari tanggal 1 Maret - 31 April 2024. Sebelumnya, masa siaga darurat bencana berlangsung dari tanggal 20 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini