Ini Penyebab Tol Japek Elevated Terlihat Bergelombang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banyak yang meragukan keselamatan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated karena konstruksinya seperti bergelombang. Ternyata ada penyebab mengapa tol layang tersebut terlihat bergelombang.

“Meski konstruksi bergelombang, tetapi kontur jalan‎ tidak terlalu tinggi, sehingga tidak dirasakan ekstrem bagi kendaraan yang melintas,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Sety‎adi di Jakarta, Senin 16 Desember 2019.

Menurutnya jika kita melintasinya tidak akan begitu terasa ekstrem. Meski begitu Budi mengakui sambungan jembatan (expansion joint) pada Tol Layang Jakarta-Cikampek masih terasa saat dilewati kendaraan sehingga membuat kendaraan berguncang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit menegaskan bahwa Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated aman dilalui kendati kontur jalan tersebut agak naik dan turun.

Dia juga menegaskan jalan tersebut sudah diuji Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) dari Bina Marga.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga telah menguji kekuatan infrastruktur Tol Layang Japek, sehingga secara konstruksi tidak ada masalah.

Menurut dia, pihaknya sudah memiliki standar supergradien dan superelevasi sesuai desain kecepatan.

Jadi, semua sudah sesuai standar kecepatan rencana 80 km/jam. Standar kereta tidak fleksibel seperti jalan raya.

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini