Ini Penjelasan Ahli Gizi Soal Jambu Kristal Disebut Bisa Tangkal Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Beredar sebuah narasi di media sosial soal jambu kristal bisa untuk mencegah covid-19 mendapat sorotan dari ahli gizi UGM Aviria Eramilia.

Dirinya menyebut kabar tersebut tidak benar, karena hingga saat ini belum ada makanan yang secara spesifik dapat mencegah atau sebagai antivirus Covid-19 termasuk jambu kristal putih.

“Belum ada studi klinis khusus terkait jambu kristal putih sebagai penangkal Covid-19,” kata dosen Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini.

Aviria menjelaskan dalam jambu kristal putih memang kaya akan kandungan gizi seperti kandungan vitamin, mineral, serta serat yang bermanfaat bagi tubuh. Hanya saja daging buah pada jambu kristal putih lebih banyak dibandingkan dengan jenis jambu lainnya karena kandungan bijinya hanya sekitar tiga persen.

“Zat gizi yang nyata adalah vitamin C yang tidak terlalu berbeda dengan jambu biasa,” katanya.

Aviria menjelaskan dalam jambu kristal putih ini memang kandungan vitamin C memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan imunitas tubuh. Sehinga tubuh tidak mudah terjangkit penyakit, virus, maupun bakteri.

“Sekali lagi kalau spesifik anti Covid-19 itu tidak ya, tapi buah ini memang bagus kandungan zat gizinya terutama vitamin C dan mineral baik untuk mendukung kekebalan tubuh,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

ABDUR RAHMAN, KABID PTKP BADKO HMI KALIMANTAN BARAT MENOLAK TAPERA, SEBAB MEMBERIKAN BEBAN TAMBAHAN KEPADA PEKERJA

Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang disahkan melalui Peraturan Pemerintah No. 21/2024 sebagai pengganti PP No.25/2020 oleh Presiden RI...
- Advertisement -

Baca berita yang ini