Ini Daftar Daerah Rawan Banjir, Kota Kamu?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Banjir bukan hanya sering terjadi di Jakarta. Banyak daerah lain di Indonesia juga mengalaminya jika intensitas curah hujan meningkat tajam seperti saat pergantian tahun.

Namun, banjir tidak hanya akibat faktor alam, tetapi juga dengan faktor manusia. Banyak perilaku manusia yang justru mendatangkan banjir untuk dirinya sendiri seperti menutup permukaan tanah, membuat bangunan di bantaran kali, menggunduli hutan gunung di wilayah hulu sampai dengan membuang sampah ke saluran pembuangan.

Lalu kota-kota mana saja yang rawan banjir akibat prilaku manusianya yang tidak peduli pada daya dukung alam?

Dilansir viva.co.id, terdapat 20 kota di Indonesia yang rawan banjir Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bandar Lampung, Pontianak, Samarinda, Makassar, Ambon, Manado, Gorontalo, Kendari, Palembang, Jayapura, Sorong dan Palu.

Dari ke 20 kota itu banjir Jakarta selalu menarik perhatian masyarakat dalam dan luar negeri karena statusnya sebagai Ibukota Negara.

Untuk membuat jera para pelaku penyebab banjir, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat peraturan daerah yang menerapkan denda Rp 500 ribu kepada pembuang sampah ke saluran air seperti diatur Perda No. 3 Tahun 2013 pasal 130 ayat 1, 2 dan 3. (Budiyani Rahmawati)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini