Ini Cara Sikat Gigi yang Menyehatkan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kamu pasti sudah terbiasa menyikat gigi. Cuma perlu dipastikan apakah caranya benar dan menyehatkan.

Dokter gigi Anggi Pratiwi dalam sebuah diskusi di Jakarta menyatakan bahwa tujuan menyikat gigi adalah agar tidak timbul plak.

Agar plak tidak muncul, Anggi menganjurkan durasi menyikat gigi selama tiga menit. Itu pun tidak asal menyikat.

Menyikat gigi yang benar adalah dari arah gusi ke gigi. Jadi gerakannya ke atas dan ke bawah.

“Jadi bukan menyamping kiri dan kanan,” ujar Anggi di Jakarta, Kamis 14 Mei 2020.

Plak berasal dari sisa makanan yang tertinggal di gigi. Hal itu bisa membahayakan kesehatan gigi dan mulut mulai dari radang gusi, gusi berdarah saat sikat gigi atau flosing, gigi berlubang hingga bau mulut.

Oleh karenanya saat menyikat gigi harus diikuti dengan menyikat lidah dan sela-sela gigi yang tidak mungkin dijangkau metode mekanik.

Sementara obat kumur ternyata dianjurkan karena bisa menghilangkan sisa makanan di sela gigi.

Untuk menjaga kesehatan gigi, kita juga dianjurkan memilih makanan yang sehat yaitu mengandung vitamin c, serat, mengontrol asupan makanan manis, lalu minum air putih 2 liter per hari. Selain itu, jangan lupa memperhatikan kebersihan sikatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini