Ini Bumbu Penyedap Tradisional Masyarakat Papua yang Berasal dari Pegunungan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Walau jauh dari pantai, tidak membuat masyarakat Papua kehabisan bumbu sebagai penyedap rasa untuk masakannya. Bumbu tradisional itu adalah berupa garam yang berasal dari kolam air asin di pegunungan.

Peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto mengatakan suku-suku yang tinggal di pedalaman Papua dan berada jauh dari pantai mengandalkan kolam air asin sebagai sumber garam.

Suku Moni di bagian barat pegunungan Papua misalkan, mengandalkan kolam air asin di Hitadipa, Homeyo, dan Wandai. Kolam tersebut memiliki konsentrasi garam yang tinggi namun beryodium rendah.

Adapun suku-suku di Lembah Baliem mengandalkan kolam air asin di Jiwika dan Hetegima. “Produksi garam di pegunungan barat Papua dilakukan oleh kaum pria, sedangkan di Lembah Baliem, pembuatan garam dikerjakan oleh perempuan,” katanya.

Mereka membuat garam dengan cara merendam tumbuh-tumbuhan berpori, serat-serat batang pisang, dan jenis tanaman Uricaceae atau Elatostema macrophylla ke dalam kolam air asin selama dua hari atau lebih.

Setelah direndam, media penyimpan konsentrasi garam ini dikeringkan kemudian dibakar menjadi abu. “Abu ini kemudian digosok-gosok dengan daun pisang hingga lembut, lalu dibungkus dengan daun pandan,” katanya.

Abu inilah yang dipakai sebagai garam. Selain digunakan untuk masak sehari-hari, garam abu juga dipakai saat tradisi bakar batu. Daging babi atau kini diganti dengan daging ayam, sayur-mayur, serta ubi, hanya diberi bumbu garam saja.

Pada masa kini, sebagian masyarakat Papua sudah tidak lagi menggunakan garam abu. Ada yang lebih praktis karena garam yang biasa kita jumpai di dapur sudah tersedia di toko-toko.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini