Ingin Tubuh Kebal dari Penyakit? Coba Konsumsi 3 Obat Alami Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pergantian cuaca membuat menurunnya sistem imun tubuh seseorang. Alhasil tubuhmu lebih rentan sakit, apalagi dengan kesibukan yang semakin menumpuk.

Mungkin beberapa di antara kita lebih menyenangi menenggak suplemen vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh. Namun sebenarnya ada bahan-bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk membantu tubuhmu lebih kebal dari terserang sakit, seperti berikut ini dikutip dari Live Strong:

  1. Kunyit

Kunyit dikenal akan kandungan anti-inflamasi dan antioksidannya, jadi obat terbaik untuk meredakan nyeri otot dan pemulihan secara keseluruhan. Ramuan obat yang dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, kunyit disebut-sebut sebagai bantuan potensial untuk sakit otot dan pemulihan secara keseluruhan.

  1. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya digunakan dalam masakan tetapi juga bermanfaat sebagai obat. Bahkan bawang putih mengandung senyawa yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan kuman penyebab penyakit. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut dengan alliin. Saat bawang putih dihancurkan atau dikunyah, senyawa ini berubah menjadi allicin.

Allicin mengandung belerang sehingga memberikan bau dan rasa yang khas. Senyawa ini telah terbukti mampu meningkatkan respon tubuh untuk melawan beberapa jenis penyakit seperti pilek dan flu.

  1. Ginseng

Ginseng telah populer sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ginseng terbagi menjadi dua jenis yaitu ginseng Asia atau Korea (Panax ginseng) dan ginseng Amerika (Panax quinquefolius). Beberapa penelitian menemukan bukti bahwa ginseng dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini