Indonesia Ingin Contoh Kesuksesan Thailand Atasi Covid19 Tapi Terbentur Syarat Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia ingin meniru metode yang digunakan Thailand untuk menghilangkan pandemi Covid19 syaratnya semua pihak tanpa terkecuali yaitu pemerintah, masyarakat pemangku kepentingan lainnya berkoordinasi dengan efektif.

Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid19 Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan persnya, Selasa 17 November 2020.

“Satgas ingin mengingatkan upaya penanganan Covid19 dapat dilakukan dengan baik apabila koordinasi antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dijalankan dengan efektif. Langkah penanganan seperti ini sudah berhasil dijalankan oleh Thailand,” ujar Wiku.

Langkah Thailand itu diapresiasi oleh badan kesehatan dunia atau WHO karena merupakan negara pertama di luar Cina yang melaporkan adanya kasus positif Covid19.

Saat ini, Thailand hanya memiliki 4000 kasus dan hanya 60 korban jiwa walaupun jumlah penduduknya sebanyak 70 juta jiwa.

Thailand sudah berkomitmen melakukan investasi di bidang kesehatan selama 40 tahun dengan membangun jutaan jaringan kesehatan di desa yang berperan sebagai mata dan telinga dari sistem kesehatan di masyarakat.

Menurut Wiku, upaya Thailand bisa dilakukan Indonesia untuk menekan penyebaran Covid19 dengan kerja sama yang erat antara pemerintah, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengampanyekan protokol kesehatan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini