Indonesia Gagal Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19, Bagaimana Nasib Shin Tae-yong?

Baca Juga

MATA INDONESIA, BEKASI – Timnas Indonesia U-19 gagal melangkah ke semifinal Piala AFF U-19 meski memiliki poin yang sama dengan Thailand dan Vietnam. Lalu, bagaimana nasib pelatih Shin Tae-yong?

Di laga pamungkas penyisihan Grup A, Indonesia menggilas Myanmar dengan skor 5-1, Minggu 10 Juli 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga. Di laga lain, Thailand dan Vietnam main imbang 1-1.

Ketiga tim sama-sama mengemas 11 poin. Jika dilihat dari produktivitas gol, Indonesia jelas unggul dari Thailand dan Vietnam. Hokky Caraka dkk,. mencetak 17 gol dan hanya kebobolan dua gol.

Hanya saja, AFF menggunakan regulasi head-to-head jika ada tim yang punya poin sama. Alhasil, Indonesia harus gigit jari karena kalah head-to-head dengan Thailand dan Vietnam.

PSSI menargetkan Indonesia juara Piala AFF U-19. Pada akhirnya, target itu gagal direalisasikan Shin Tae-yong. Tapi, PSSI menjamin posisi pelatih asal Korea Selatan itu tetap aman.

“Shin masih terus (melatih) karena kami melihat perkembangan anak-anak luar biasa,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Meski gagal lolos, penampilan Indonesia disebut Iriawan sangat baik. Dari lima pertandingan, skuat Garuda Nusantara mencatatkan tiga kemenangan dan dua kali imbang sekaligus menjadi tim tersubur dalam urusan mencetak gol.

Penampilan Indonesia tetap oke meski Shin Tae-yong melakukan rotasi. Para pemain pelapis tetap menunjukkan performa ciamik.

“Di luar dugaan, ketika pemain cadangan dimainkan, ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain inti. Berarti Shin betul-betul memiliki talenta luar biasa. Anak-anak juga memiliki chemistry dengan dia,” katanya.

Setelah ini, Shin Tae-yong akan fokus ke Timnas Indonesia senior di ajang Piala Asia sebelum nantinya memimpin timnas U-20 di turnamen Piala Dunia U-20 di 2023.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini