Indonesia Bersiap Hadapi Lonjakan Omicron

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menghadapi kemungkinan melonjaknya kasus Covid-19 yang diakibatkan varian Omicron, Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meyakinkan rumah sakit dan obat-obatan sudah siap termasuk mengadakan 16 ribu oksigen generator.

“Tetapi mudah-mudahan tidak terjadi,” kata Budi Gunadi, Senin 27 Desember 2021.

Selain itu, vaksinasi terutama golongan yang berisiko seperti lansia serta para penyandang penyakit bawaan akan dipercepat.

Menteri Kesehatan mengingatkan masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri kecuali memang mendesak. Sebab, hampir semua kasus Omicron di Indonesia dibawa pelaku perjalanan dari luar negeri kecuali seorang petugas kebersihan Wisma Atlet dan seorang tenaga kesehatan.

Saat ini, Balitbangkes sudah mendeteksi 46 kasus Omicron di dalam negeri dan semuanya sudah menjalani karantina 14 hari.

Untuk masyarakat di dalam negeri, Menteri Kesehatan mengingatkan agar selalu menggunakan aplikasi PeduliLindungi setiap ke tempat umum seperti mal, restoran dan sebagainya.

Selain itu, Menteri Kesehatan akan menyebar teknologi baru mesin PCR agar bisa mendeteksi varian tersebut lebih cepat dan awal.

Mesin itu mampu mengidentifikasi omicron dalam waktu 4-6 jam saja dibandingkan melakukan whole genome squencing (WGS) yang membutuhkan waktu 3-5 hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini