Indonesia Bebas Plastik 2025 Bukan Mimpi, Ini Strategi Jitu Pemerintah

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Kebayang nggak Indonesia bakal bebas plastik tahun 2025? Pasti keren ya. Itulah kini yang tengah diwujudkan oleh pemerintah, dimulai dari menyelesaikan masalah sampah yang menumpuk.

Disampaikan Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Novrizal Tahar, tahun 2025, pengolahan sampah ditargetkan selesai hingga 100 persen, yang secara rinci 30 persen dari sisi pengurangan dan 70 persen dari sisi penanganan.

“Sudah disampaikan presiden dalam forum internasional, tahun 2025 akan ditargetkan pengurangan sampah plastik di laut,” kata Novrizal di Jakarta, Jumat 27 September 2019.

Pemerintah dalam upaya tersebut akan menggunakan tiga pendekatan yakni pertama adalah pengurangan sampah plastik di ranah publik, seperti gerakan membawa kantong belanja, tidak menggunakan sedotan dan sejenisnya.

Kedua, pendekatan yang dipakai adalah sirkular ekonomi, yakni program daur ulang kemasan. Sampah akan diolah lagi menjadi sumber daya baru.

Lalu ketiga, adalah mendorong pelayanan dan pendekatan teknologi dari pengolahan sampah, dengan meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dan sejumlah pelayanan untuk mendorong waste to energi dan Refuse Derified Fuel (RDF), serta upaya sejenis lainnya.

“Ketiga pendekatan itu dilakukan secara simultan karena masalah sampah ini sangat berat di Indonesia,” ujar Novrizal.

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini