IKN Berdampak Positif terhadap Pembangunan Daerah

Baca Juga
MATA INDONESIA, JAKARTA – Keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), akan berdampak positif terhadap pembangunan daerah dan pertumbuhan ekonomi.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian, Jumat 18 Februari 2022 mengatakan, salah satu tujuan pemindahan IKN ke Kaltim merupakan langkah untuk mendorong pemerataan pembangunan di Indonesia. ”Pembangunan tidak hanya terpusat di Jawa, sehingga kesenjangan antar daerah tak terpaut jauh,” ujar mendagri.
Ia menegaskan dampak keberadaan IKN terhadap daerah di Kaltim sudah terasa sejak mulainya pembangunan. Hal itu terlihat dari laju pertumbuhan di berbagai sektor seperti bandara, hotel, restoran, dan sebagainya yang lokasinya tak jauh dari pembangunan IKN.

 

Kondisi tersebut akan terus berlangsung, baik saat proses pembangunan, masa transisi perpindahan, hingga nanti IKN berdiri. Dan menjadi pusat pemerintahan Indonesia.

Dampak pembangunan tersebut tidak hanya terasa oleh daerah yang berdekatan langsung dengan lokasi IKN, tapi juga daerah lainnya yang berada di Kaltim.

“Pembangunan ini sesuatu yang memang sangat strategis jangka panjang, nilainya ada yang jangka panjang, tinggi sekali nilainya,” kata Mendagri.

Karena itu, menurut Mendagri, kepala daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), termasuk masyarakat di Kaltim perlu mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang memilih daerah tersebut sebagai lokasi kota Nusantara.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini