Ibu Kota Negara Nusantara akan Punya Bandara, Pembangunannya Selesai di 2024

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemerintah akan membangun bandar udara (bandara) baru di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Lokasi calon bandara ada di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Senin 21 Februari 2022 meninjau lokasi calon bandara ibu kota negara tersebut. Ia meninjau lokasi langsung dengan menggunakan helikopter.

Kementerian Perhubungan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis. Yaitu berada di antara kawasan IKN dengan Balikpapan.

”Lokasi ini akan terhubung oleh jalan tol, baik dari Balikpapan maupun IKN,” kata Budi Karya.

Bandara baru ini nantinya memiliki panjang landas pacu (runway) sepanjang 3000 meter x 45 meter. Dan pesawat berbadan besar seperti Boeing 777 bisa mendarat di landasan ini.

Budi Karya optimistis jika bandara baru tersebut bisa selesai pada tahun 2024 mendatang. ”Melihat situasi di lapangan dan pengalaman membangun Bandara YIA yang ukurannya sama, itu bisa terlaksana,” ujarnya.

Kementerian Perhubungan akan berkoordinasi dengan TNI AU terkait kolaborasi penggunaan bandara IKN. Hal ini untuk kepentingan komersial dengan kepentingan militer.

Seperti diketahui, saat ini ada dua bandara utama di Kalimantan Timur yakni Bandara APT Pranoto di Samarinda dan Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini